Setelah alat ini digunakan pada banyak mesin
diesel, mesin yang akrab dengan asap hitam tersebut seakan-akan berubah wajah. Maka dari itu, kita akan membahas kenapa alat ini menjadikan mesin diesel kembali populer di masyarakat
luas.
Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya dalam tulisan
saya, mesin diesel adalah mesin yang identik dengan torsi yang besar. Karakteristik
ini menyebabkan mesin diesel sering kali digunakan pada kendaraan-kendaraan
yang melakukan kegiatan yang berat. Namun sayang, dibalik kekuatan yang besar
itu mesin diesel memiliki kelemahan berupa asap yang hitam, suara bising, dan
tidak mampu bekerja pada putaran-putaran tinggi. Nah, keberadaan turbocharger
ini menjadi solusi bagi sebagian masalah pada mesin diesel.
Secara umum turbocharger merupakan alat yang terdiri atas 3
bagian utama :
1. Turbin
2.
Kompresor
3.
Poros yang menghubungkan turbin dan kompresor.
Dalam perkembangannya, turbocharger mendapatkan beberapa
tambahan instalasi seperti, wastegates,
intercooler, dan, blow-off valves.
Prinsip kerja turbocharger ini, sebelum dibuang melalui
knalpot, gas buang dari mesin diesel akan masuk ke bagian turbin. Proses ini akan menyebabkan turbin
berputar sehingga menghasilkan daya yang besar. Daya yang besar ini adalah akibat dari gas bertemperatur tinggi yang memutar turbin. Kemudian, putaran dari
turbin ini akan diteruskan oleh poros berputar yang menghubungkan turbin dan
kompresor. Hasilnya, kompresor akan memompa udara sekitar untuk masuk ke dalam
ruang bakar. Maka mesin diesel yang menggunakan turbocharger akan
mendapatkan pasokan udara lebih banyak dan memiliki tekanan lebih tinggi pada ruang bakar. Lalu apa pengaruh peristiwa ini terhadap performa mesin?
Seperti kita ketahui, mesin diesel baru akan menghasilkan
daya ketika bahan bakar mulai disuntikkan ke dalam ruang bakar. Proses itu
terjadi ketika kepala piston hampir mencapai titik mati atas. Hal ini
menyebabkan waktu bertemu antara udara dan bahan bakar hanya sebentar. Inilah faktor
yang menyebabkan kenapa mesin diesel menunjukkan performa yang cenderung
menurun ketika mesin diesel bekerja pada putaran yang tinggi. Semakin cepat
putaran, maka akan semakin sedikit waktu bertemu antara udara dan bahan bakar. Maka
akan semakin banyak bahan bakar yang tidak terbakar pada proses pembakaran. Inilah
yang akan menyebakan turunnya daya yang dihasilkan mesin. Bahan bakar yang
tidak terbakar akan menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot kendaraan.
Adanya kompresor pada turbocharger akan membuat semakin
banyak udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Semakin banyak udara dalam ruang
bakar ini akan menyebabkan semakin banyak pula kemungkinan bertemunya udara dan
bahan bakar. Maka peristiwa ini akan menyebabkan naiknya daya yang dihasilkan
oleh mesin diesel, akibat bahan bakar yang terbakar lebih efektif. Selain itu, naiknya tekanan pada ruang bakar
akan menggeser kurva p-v mesin diesel ke atas. Hal ini akan menyebabkan naiknya
daya yang dihasilkan mesin diesel tersebut. secara teoretik, adanya turbocharger ini akan memperluas grafik p-v dalam siklus termodinamika motor bakar.
Oleh karena banyaknya keuntungan yang diberikan oleh turbocharger,
maka dewasa ini penggunaan turbocharger pada mesin diesel baru semakin marak. Bahkan
akhir-akhir ini, ada terobosan baru pada turbocharger, yaitu, VNT (variable nozzle turbocharger). Adanya nosel
yang dapat disesuaikan ini bertujuan untuk menjaga putaran turbin tetap tinggi
sekalipun aliran gas buang rendah. Dengan putaran konstan dari turbin, maka putaran di kompresor pun relatif tidak berubah pada putaran mesin tinggi maupun rendah.
Berikut ilustrasi VNT.
Berikut ilustrasi VNT.
Kendaraan-kendaraan diesel terbaru sudah banyak yang
menggunakan teknologi ini. Chevrolet Captiva, Mitshubisi Pajero Dakar, Toyota
Fortuner, merupakan beberapa kendaraan yang telah menerapkan aplikasi ini. Terbukti
torsi mereka semakin meningkat pada putaran rendah.
Tidak hanya berhenti disitu, sekarang ini mulai diterapkan teknologi terbaru. Teknologi terbaru tersebut adalah VGT (variable geometry turbocharger).
Teknologi satu ini lebih ekstrim!!! Karena untuk kasus ini sudu dari
turbin itu dapat diatur. Tujuannya sama, yaitu menjaga putaran turbin
tetap tinggi pada aliran gas buang rendah namun dengan teknologi yang lebih baik.
Semakin majunya teknologi, kekurangan-kekurangan khas yang menempel
pada mesin diesel satu per satu sudah mulai mendapat solusi, dari masalah
polusi hingga kemampuan pada putaran tinggi, Beberapa aplikasi lain juga
mendukung semakin naiknya level mesin diesel di mata masyarakat luas, tidak ada
alasan lagi untuk tidak memilih mesin diesel ketimbang mesin bensin. Hal ini menunjukkan
peran mesin diesel semakin penting pada ke masa depan. Walaupun gerakan motor
listrik mulai digalakkan, namun mesin diesel tetap memiliki bagiannya yang
tidak dapat digantikan motor listrik.
Cinta diesel, cinta lingkungan.
Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
ReplyDeleteMenghadirkan IG poker & IDN poker ....
Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
1. Texas Poker
2. Omaha Poker
3. Domino QQ
4. Ceme Keliling
5. Bandar Ceme
6. Capsa Susun
7. Bandar Capsa
8. BIG 2
Bonus New Member Slot 15%
Bonus New Member Poker 10%
Bonus New Member Sabung Ayam 10%
Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
Bonus Deposit 10% Setiap Hari
Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
Bonus Cashback 5-10%
Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
Diskon Togel Hingga 65%
Bonus Rollingan Slot 1%
Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%
Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.
Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
- WA : +6287785425244