Saturday, August 27, 2011

Ngapain aja sih di teknik mesin?

Mechanical Engineering Wheel
Tulisan ini bisa dikatakan lanjutan dari tulisan saya sebelumnya. Namun artikel kali ini akan lebih mengupas tentang sisi yang akan diselami oleh seorang mechanical engineer.

Sebenarnya nama teknik mesin adalah terjemahan yang sangat tidak pas. Padahal arti sebenarnya dari mechanical engineering adalah seorang yang merekayasa suatu permasalahan yang berkaitan tentang mekanika. Mungkin masalah nama dari jurusan ini yang menjadi penyebab ketidaktahuan siswa-siswa SMA tentang jurusan yang menjadi mother dari engineering ini. Mungkin ini juga yang menjadi penyebab kenapa jumlah mahasiswi teknik mesin di mana pun di dunia sangat sedikit. hehe.

Saya rasa ini harus menjadi PR bagi para alumnus mechanical engineering untuk dapat memberikan pengetahuan secara yang sangat baik tentang luas dan menariknya bidang ilmu pengetahuan ini.

Lalu apa yang dipelajari di teknik mesin?

Sangat banyak. Menurut saya, teknik mesin sangat cocok bagi setiap orang yang menyukai ilmu-ilmu tentang fisika klasik. Dengan ditambah sedikit bantuan kemampuan matematika, siapa saja yang berminat berkecimpung dalam bidang ini dapat menjadi ahli. Kalau boleh saya bagi, ada 2 bidang keilmuan yang harus dimiliki dengan dasar yang kuat, yaitu Mekanika dan Termodinamika.

Inovasi ilmu material untuk sayap menawan Boeing 787
Mekanika meliputi semua proses sebab-akibat bergeraknya sebuah sistem, apapun itu sistemnya. Baik sistem tersebut bergerak dengan cara berputar, translasi maupun kombinasi antara keduanya. Ataupun dengan jenis sistem yang berbeda, baik sistem tersebut berupa zat padat dengan berbagai macam bentuk maupun dengan sistem fluida. Berdasarkan konsep ini, turun banyak ilmu-ilmu yang nantinya harus dipelajari seperti struktur, material, getaran, kinematika, manufaktur, robotika, dinamika, mekanika fluida, dan masih banyak lagi. Jadi jangan beranggapan hanya teknik sipil saja yang mempelajari struktur. Mechanical engineer pun juga belajar struktur dan bisa juga mengaplikasikannya dengan mudah. Perbedaannya terletak pada keilmuan teknik sipil lebih ke struktur-struktur besar raksasa yang statik (gedung, jembatan, bendungan, dll), sementara teknik mesin lebih ke aplikasi pada sebuah alat/sistem yang bergerak dan dinamis.

Sementara itu, termodinamika meliputi semua kaitan tentang perpindahan energi (panas) akibat dari sebuah sistem dinamik. Termodinamika juga serind disebut sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana interaksi suatu sistem dengan lingkungannya. Nah, biasanya interaksi sistem-lingkungan yang banyak dibahas adalah tentang energi. Hukum kekekalan energi menjadi dasar pada bidang ilmu ini. Dari sini muncul materi-materi yang akan dipelajari seperti sistem pembangkit daya, mekanika fluidaperpindahan panas, sistem pendingin, penukar panas, motor bakar, sistem propulsi, dll.

Gimana? menarik kaan???

Karena luasnya bidang yang dipelajari teknik mesin ini, maka dibentuklah sub-jurusan atau yang sering disebut kelompok keahlian. Hal ini dimaksudkan agar setiap orang yang berkecimpung di bidang ini bisa lebih fokus dalam melakukan riset dan pembelajaran. Biasanya kelompok keahlian yang terdapat di teknik mesin adalah manufaktur dan otomasiperancangankonversi energi, dan ilmu material. Bahkan di beberapa perguruan tinggi besar, seperti ITB, jurusan baru terbentuk akibat pengembangan dari keilmuan teknik mesin ini, contohnya teknik material, teknik penerbangan dan mekatronika. Akhir-akhir ini, Teknik Mesin di ITB juga sudah mulai merintis salah satu bidang riset yang baru di Indonesia, yaitu Biomekanik.

Nah, karena riset biomekanik ini cukup baru di Indonesia, saya bahas sedikit lebih detil.

Biomekanik adalah salah satu riset dalam kelompok keahlian perancangan di Teknik Mesin yang meneliti tentang irisan antara engineering dengan makhluk hidup, biasanya manusia. Beberapa contoh riset yang dilakukan dalam Biomekanik adalah Analisis gaya pada proses manusia berjalan, analisis tegangan pada rahang manusia dalam proses gigi implan, pembuatan alat fiksasi patah tulang, desain tas gunung, dll. Oleh karena itu, tidak jarang, riset yang dilakukan melibatkan ahli dalam bidang ilmu lain seperti dokter spesialis ortopedi, dokter gigi, physioteraphy, dll.

Video di bawah ini merupakan salah satu riset di bidang Biomekanik, yaitu Ilizarov, alat fiksasi tulang bagi penderita patah tulang. Alat ini yang bikin insinyur teknik mesin, bukan dokter. hehe :p
Anw, buat yang gak suka ngliat darah, jangan buka video ini ya.




kalau yang ini analisis stress yang terjadi ada proses manusia berjalan dan melompat. Analisis dilakukan di tulang sendi2, dan otot2 yang ada. juga masih dalam kerjaan anak-anak biomekanik.




nah, kalau yang ini pasti temen-temen pernah liat. Kaki buatan yang dipasang pada sprinter-sprinter paralympic. Desain kaki buatan yang ringan, lentur, namun kuat, sangat membantu para sprinter paralympic ini untuk berlari dengan kecepatan penuh. Ini juga kerjaan dari insinyur-insinyur biomekanik.





Bagaimana dengan teknik mesin di luar negeri?

Di luar negeri, riset teknik mesin konvensional sudah tidak begitu diminati. Karena menurut saya, terapan dari ilmu sains dalam bidang teknik mesin ini sudah sangat tinggi. Penelitian di bidang ilmu terapan teknik mesin lebih cenderung bersifat improvement, bukan menginvent sesuatu yang baru. Saat ini, riset di bidang mesin lebih bergairah dalam bidang yang lebih hulu (lebih saintis) atau yang berkaitan dengan ilmu lain seperti, biomekanik, material, dan energi terbarukan. Riset tersebut biasanya akan melibatkan bidang keahlian dari ilmu lain seperti Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Kimia, Biologi, Kedokteran, dll. Namun demikian, di Indonesia, metode riset seperti ini belum terintegrasi dengan baik.

Lalu bagaimana dengan lapangan pekerjaannya? Apakah juga seluas ilmunya?

oil platform
Pekerjaan (insinyur) di bidang teknik mesin berbeda dengan seorang saintis atau peneliti di bidang teknik mesin. Karena harus menginvent ilmu dan riset yang baru, maka banyak saintis atau peneliti di bidang teknik mesin di masa modern ini, mulai berjalan menuju ranah ilmu lain. Sementara itu, insinyur di bidang teknik mesin cenderung lebih ke arah ilmu terapan yang dimana dalam industri, ilmu-ilmu terapan inilah yang banyak dipakai. Oleh karena itu, kalau bicara masalah pekerjaan dalam bidang ini, jangan ditanya deh. Jika kita bicara industri, pasti jurusan ini dicari, entah apapun itu industrinya.

Luasnya ilmu yang ada menyebabkan luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk profesi ini. Hampir semua industri membutuhkan kelompok profesi ini. Salah satu yang pasti adalah semua industri manufaktur. Baik itu manufaktur makanan maupun minuman hingga alat-alat berat. Oleh karenanya, di negara-negara yang maju dalam bidang manufakturnya, pasti juga maju di bidang keilmuan Teknik Mesin nya, seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Tiongkok, dll.

Baru-baru ini, saya mendengar dari salah seorang dosen tentang lowongan pekerjaan di perusahaan pembuat Kitchen Set. Saya sempet bingung awalnya, karena, apa hubungannya Teknik Mesin ama Dapur??? tapi ternyata Kitchen Set yang dimaksud itu peralatan-peralatan dapur yang sering digunakan di warung-warung waralaba seperti KFC, Mc Donald, Pizza Hut, Subway, dsb. Pernah liat kan? yang kalo kita pesen di kasirnya, kita ngliat peralatan2 berwarna perak yang ada di dapur itu seperti, meal warmer, deep frying, burger oven, exhaust, ice cream maker, dsb. Dalam proses pembuatan alat-alat tersebut, tentu tidak bisa ngawur karena hal ini sangat erat kaitannya dengan kualitas produk yang akan dijual. Dasar-dasar keilmuan seperti mekanika fluida, perpindahan panas, kekuatan material, dll sudah barang tentu menjadi pertimbangan utama dalam mendesain "alat-alat dapur" ini. Dan lagi-lagi, insinyur di balik itu semua adalah kelompok keilmuan teknik mesin!

kitchen set di warung waralaba

Di industri migas, kelompok profesi ini sangatlah dibutuhkan. Banyak sekali aspek yang dapat dilakukan oleh profesi ini. seperti desain pipeline, well intervention, rotating machinary, drilling, desainer untuk pressure vessel (bejana tekan), dll. Tinggal pilih mau berkecimpung dimana.

Di pembangkit listrik pun profesi teknik mesin memegang peranan yang besar. Karena prinsip yang ada pada sistem pembangkit listrik baik itu bertenaga uap, panas bumi, nuklir, biomassa, dll adalah sama, yaitu ilmu termodinamika. Berbasis dari ilmu termodinamika yang dimiliki, problematika pada turbin, kompresor, pompa, sistem perpipaan, penukar panas, boiler, dll menjadi tanggung jawab insinyur mesin yang ada di perusahaan ini.

Di industri proses, insinyur mesin punya peranan yang sama pentingnya dengan teknik kimia. Dari industri metal, industri semen, industri tekstil, industri pupuk, dsb menjadi lahan kerjasama yang apik antara teknik mesin dan teknik kimia. ilmu seperti perpindahan panas, sistem pembangkitan uap, ilmu material, dsb bercampur jadi satu di bidang ini.

Di industri transportasi, sudah barang tentu mechanical engineer menjadi roh bagi perusahaannya. Dari industri mobil komersial hingga pesawat terbang. Desain body, chassis, engine, sistem propulsi, dan mekanisme-mekanisme lain menjadi perkerjaan pokok yang akan ditemui disana.

Bahkan di ranah kontraktor gedung bertingkat pun lulusan teknik mesin pun masih bisa berbicara banyak. Masalah sistem AC sentral (sistem pengondisian udara), plumbing dan sistem pemadam kebakaran menjadi pekerjaan yang akan ditemui disini. 

Perusahaan-perusahaan jasa maintenance dan service juga bisa menjadi ranah lain yang dapat digeluti oleh cabang keprofesian ini. Hampir seluruh pekerjaan maintenance di industri, adalah urusannya anak-anak mesin. Bagi para insinyur ahli getaran, di sinilah tempat mereka beraksi.

Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC), juga memerlukan jasa insinyur mesin untuk memberikan saran dan konsultasi dalam pemilihan barang-barang penting.

Di luar dari yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi sektor-sektor pokok yang dapat ditekuni oleh seorang mechanical engineer.

Maka dari itu, saya sangat bersyukur pada akhirnya Allah menunjukkan jalan saya disini. Alhamdulillah ternyata profesi ini yang selama ini saya cari. Allah yang membimbing saya pada passion saya. Dia lebih tahu dari apa yang kita butuhkan.

Buat adek-adek yang tertarik di dunia engineering, jangan ragu buat masuk jurusan ini!
Bagi sobat-sobat yang sangat menyukai ilmu-ilmu fisika klasik dan matematika terapan, jurusan ini membuka ruang anda untuk berkreasi dan berinovasi sebanyak mungkin!
Siapa saja yang tertarik boleh masuk, tidak ada syarat gender!

dan perhatikan!!! hampir semua bidang yang digeluti di bidang teknik mesin ini mempunyai peranan sentral dalam kehidupan masyarakat luas. Sense of engineer for sake of humanity!

Semoga bermanfaat, selamat berjuang!

Solidarity Forever!


102 comments:

  1. Alhamdulillah, meskipun sudah tua, mesin jurusan the best an

    ReplyDelete
  2. infonya bermanfaat kk, saya msh maba jurusan teknik mesin soalnya :D thx infonya kk

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya kak. Sekarang saya jd nambah ilmu lg ttg teknik mesin. Saya jg berminat masuk teknik mesin. Mohon doanya agar saya bisa diterima di univ yg saya inginka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke. semangat ya...
      semoga bermanfaat dan bisa menjadi pencetus semangat buat terus belajar.

      Delete
  4. kak, boleh nanya gak?
    kalo misalnya cewe yg masuk teknik mesin, kira2 lapangan kerjanya tetep sama luasnya ato kalo cewe malah jadi susah cari kerjanya ya ka..?

    trus katanya teknik mesin itu susah banget ya kak?
    kalo fisika ama mat nya standart2 aja, bisa ngikutin pelajaran2 nya gak ya kak? apa harus yg jago bgt mat ama fisikanya, baru bisa kak?

    maap ya kak kalo banyak nanya, hehe
    makasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa, makasih ya Vanessa sudah berkunjung dan kasih komen.

      Tetap luas kok, itu tergantung mimpi kamu. Kamu mau jadi model wanita yang berkarir atau yang model ngurus anak. hehe. Pun kalau mau masuk Perbankan juga tetap terbuka kok, tetep bisa bersaing sama anak2 ekonomi, manajemen, dll. hehe

      Teknik mesin susah? Kata orang sih gitu.
      Bisalah, asal mau dipahamin esensinya. Yang bikin saya semangat belajar di mesin itu, ketika saya membayangkan sesuatu yang saya pelajari, yang saya pelajari itu akan memberi manfaat yang sangat besar untuk orang banyak.
      contoh: belajar sistem pembangkitan listrik, kalau kita jago di bidang ini, bayangkan, betapa juta orang yang bisa kita bantu? kira2, kalau nggak ada listrik di indonesia ini, kita mau ngapain? hehe.
      ya begitulah kira2.

      maen2 lagi ke blog saya ya..

      Delete
  5. Terima kasih sebelumnya mas karna blog ini sangat membantu saya untuk mengetahui bagaimana teknik mesin itu :D

    kalau boleh saya tanya , di kehidupan sehari-hari banyak orang yg berkomentar bahwa teknik mesin itu susah , dan banyak menggambarnya , apakah betul mas ? minta sarannya mas ! karna tulisan saya jelek , dan saya bukan org yg pandai menggambar hehe :) Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. semoga bermanfaat buat Hilman.
      Terimakasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana saya.

      Tergantung perspektifnya, Man.
      Kan sudah cukup dijelaskan tu di atas, di Teknik Mesin itu sangat luas cakupan ilmunya. Kalau Hilman nantinya memilih di bagian perancangan, pasti akan ketemu banyak drawing, desain dan hal-hal seperti itu.
      Kalau nanti ngambil keahlian yang lain, misalnya kontrol atau robotik, malah bakal bersentuhan lebih dekat dengan elektro.

      Susah enggaknya si tergantung dari kamu melihatnya. kalau bekal fisika dan matematikanya ok, biasanya lancar tu. Tapi yang jelas, kalau kata eyang kakung saya, semuanya yang keliatan di mata, itu bisa dipelajari. semangat!

      sukses!

      Delete
  6. Salam mesin

    Anak mesin itu strong, banyak mata kuliah yg difficult, but must be great, dosennya harus killer, kehidupan kampus responsibility walaupun banyak yg mendem. Pekerjaan nya enjoy. .0038

    Solidarity M Forever

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas anonymous. dan terimakasih karena sudah berkunjung ke blog saya dan meninggalkan komen.

      senang bisa berkenalan dengan anda. sukses. Solidarity Forever!

      Delete
  7. bagas angga hendrawanFebruary 9, 2014 at 5:07 AM

    artikel yang sangat mendukung kak . .
    saya sekarang baru magang disalah satu industri perbaikan lokomotif di Yogyakarta.
    saya sudah 4th mendalami jurusan mesin meski setara smk, mulai dari sketsa dasar sampai program gambar cnc dapat ditemui di industri tersebut..
    kalau pertama di universitas sblm penjurusan apa masih berkecimpungan dengan sketsa dasar kak? karena mapel tsbt sangat susah ketika harus manual . .trmkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung dan memberikan komen mas bagas.

      salam kenal.

      saya coba jawab sebatas pengetahuan saya ya.
      kalau tingkat sarjana, biasanya mahasiswa lebih ditekankan pemahaman konsep besarnya. dari paparan di artikel ini kan kita tahu, bahwa bidang yang ditekuni Teknik Mesin ini sangat luas sekali. tidak mungkin kita mendalami semua materi tersebut pada level sarjana.
      maka dari itu, untuk memahami materi lebih dalam, biasanya harus dibutuhkan pendidikan master, pengalaman kerja, dll.

      kalau pelajaran menggambar di tingkat sarjana, jelas ada, tapi itu masih dasar, belum yang njlimet2. malah mungkin, ketika nanti mas bagas melanjutkan ke tingkat sarjana, bisa jadi skill yang dimiliki mas bagas jauh lebih baik dibandingkan dengan teman2 yang baru mendapatkan pelajaran menggambar teknik di bangku kuliah.

      Delete
  8. saya masi pingin tau tentang teknik mesin . apa benar kak mekanika itu sangat luas penerapanya ? lalu apa suatu ilmu yang kita dalami itu lebih baik menyempit atau kearah general ? klo tentang hubungan dengan teknik material apa kak ? teknik mesin katanya juga mempelajari tentang material . lalu yg dipelajari teknik material apa kak ? maaf kak kurang paham . saya masi sma juga .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung.

      Luas. luas sekali. ya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. ada beberapa video pendukungnya. jurusan ini itu bener2 bisa mendorong kita melakukan kreasi sesuai keinginan kita.

      Kalo masalah ilmu, saya lebih cenderung yang tidak terlalu luas, tapi mendalam. karena kita manusia, kita punya keterbatasan. rumus tekanan sederhana, P =F/A, dengan luas yang lebih sempit dan F yang sama, kita bisa menghasilkan tekanan lebih besar.

      di teknik material, kita belajar segala sifat material yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan2 di bidang teknik mesin. umumnya, yang berkaitan dengan logam, polimer, komposit, dan keramik. contoh aplikasinya: paduan komposit untuk bahan pesawat terbang, bahan jaket anti peluru, pembuatan material bionik untuk gigi/tulang palsu, dll..
      kalo diluar negeri, teknik material lebih populer dibandingkan teknik mesin itu sendiri. jurusan ini itu jurusan masa depan. riset di teknik material jauh lebih laku dibandingkan teknik mesin sekarang ini.

      Delete
    2. oh , seperti itu ya kak . menurut kakak saya lebih baik mengambil teknik material yg mungkin di indonesia akan berkembang atau saya mengambil teknik mesin yang sudah berkembang pesat kak ? lalu saran kakak kalo saya mengambil teknik mesin saya harus mengambil di universitas mana kak ? yang fasilitasnya bisa mengimbangi kreatifitas mahasiswanya ? makasih kak .

      Delete
    3. Tergantung cita2 kamu. kalo pada akhirnya pengen jadi peneliti (lanjut sekolah sampai S3 dll), saya saranin ke material. tapi kalo pada akhirnya akan berkarir di industri, saran saya di teknik mesin dulu.

      Tapi secara pribadi, saya menyarankan untuk ambil Teknik Mesin dulu, biar lebih fleksibel. Akan lebih baik jika kamu mengakrabkan dulu dengan dunia macam ini. Kemudian, setelah akrab dan sudah terbayang jelas arahnya, baru menentukan spesialisasi, baik itu ke Material atau di spesialisasi lainnya. Seorang yang baru lulus SMA, menurut saya, belum cukup wawasan untuk menentukan spesialisasi. Jadi, lebih baik ambil yang general dulu.

      Saran saya sih ambil di ITB. karena dari segi pengajarnya, di T.Mesin nya menyediakan SDM (Dosen) yang memiliki riset di berbagai macam bidang. dari material, aeronautika, biomekanik, getaran, robotika, energi terbarukan, dll. Biar ketika mau milih spesialisasi, bisa bebas milihnya.

      Delete
  9. Makasih banyak buat tulisannya kak :D
    sekarang aku jadi lebih paham,
    Semoga aja aku bisa bisa ketrima di FTMD ITB
    Amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal, Gigih Wira.
      terimakasih juga sudah berkunjung Gigih Wira!
      semoga bermanfaat ya dan pemicu semangat buat snmptn nya.
      sampai jumpa di kampus ganesa.

      Delete
  10. sorry sblumnya oia saya mau numpang nanya dong admin, apa smk jurusan akuntansi bisa masuk teknik mesin, tolong info jelasnya, thank you,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm...menurut saya, selama proses penyaringan mahasiswa indonesia masih menggunakan sistem SNMPTN (atau yang semacamnya), asal bisa melewati tes2nya, menurut saya, sah2 saja sih.

      cuman kalo jurusan akuntansi, masuknya IPA atau IPS? kalo dihitungnya termasuk jurusan IPS, agak susah untuk bisa daftar di tes2 yang anak IPA.

      Delete
  11. Tulisan kakak sgt membantu lohh, terimakasih ya kak^^ Untuk saat ini apa cewe sudah banyak yg tertarik di t.mesin? Aku pernah ditanya sama tmn2 ku "serius kamu mau masuk t.mesin? kan itu banyakan cowo tauu" banyaaak bgt yg ngomong kaya gitu ke aku, aku sampe cape ngejelasin ke mereka. Aku tertarik ke bidang ini bener kata kakak, t.mesin itu sgt fleksibel hehe aku mau tanya kak, kalo di migas t.mesin itu mempelajari apa saja ya kak? Terimakasih, semoga kakak sukses selalu~~^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana saya jouvankawiyan.

      kalo dari tempet saya belajar, dari tahun ke tahun si sekitar 6-8 orang. ya makanya ini sebenrnya tugas untuk ngejelasin. itulah kenapa saya juga nulis tentang topik ini.

      kalo di khusus tentang minyak, tidak ada yang dijelasin detail di mesin. cuma kita dibekali materi2 dasar. seperti mekanika fluida, aliran dalam pipa, kurva performansi pompa, stress-strain di pressure vessel, material di sistem perpipaan, dll.

      kalo skrng si t.mesin sedang hot2nya bekerja membangun kerja sama dengan jurusan lain seperti kedokteran ortopedi, dokter gigi, desain produk, teknik lingkungan, dll.
      secara pribadi, riset master saya itu banyak yang berkaitan dengan temen2 di teknik kimia dan lingkungan.

      makasih atas wishes nya, sukses juga buat kamu ya.

      Delete
    2. Selamat siang mas
      Mau nanya, klau untuk konsentrasi di bidang teknik mesin itu lebih bagus nya di bidang konstruksi apa konversi mas
      Trima kasih

      Delete
  12. Jadi semakin mantab nih milih jurusan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung.Mantab!

      gudlak buat kamu riyan!

      Delete
  13. Kak maaf sebelumnya, saya siswa dari sma jurusan ips skrg saya sudah masuk jurusan teknik mesin. Kira kira siswa yg tidak begitu mengerti tentang fisika apakah akan susah buat saya menjalani kuliah sarjana di jurusan teknik mesin kak? Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara teori, saya akan bilang tergantung.
      tergantung dari kamu untuk bisa mengejar ketertinggalan kamu dengan rekan2 yang sudah belajar dari fisika sejak sma. Hal ini sangat penting, karena hingga kamu lulus nanti, penerapan dari ilmu2 dasar seperti fisika, matematika, dan bahkan kimia yang akan kamu temui.

      secara realita, akan sulit pada praktiknya :) butuh usaha yang ekstra keras untuk melaluinya :)

      Delete
  14. thankyou for sharing :) it means alot. now i know what i am going to be

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome. thanks so much for you too, for coming to this humble blog :)

      Delete
  15. Mohon saran, utk memilih antara jurusan tehnik mesin, dirgantara, material. lagi galau menentukannya. Kebetulan sdh kulaih di ftmd itb tahun pertama, giliran menentukan jurusan sebelum masuk semester 3. trims ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang sudah mantab dan memiliki alasan yang kuat kenapa memilih masing2 jurusan tersebut, silahkan saja dipilih yg menurut anda terbaik.

      Kalau boleh memberi saran, kalau anda tipe model orang pekerja lapangan, maka jurusan mesin adalah yg paling tepat menurut saya, karena memiliki jurusan mesin menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan jurusan lain. Anda akan banyak dibutuhkan di banyak industri.
      Namun demikian, jika anda berencana untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yg lebih tinggi, ketiga jurusan ini memiliki kans yang sama luasnya. Gak akan rugi deh pernah sekolah di FTMD!

      Delete
  16. kak, kalo belajar sehari2 nya bagaimana? apakah kebanyakan praktek? saya sih lebih suka kalo belajar materi daripada praktek.. terima kasih :D

    ReplyDelete
  17. kak,sya mau tanya apasih perbedaan teknik mesin di smk dan di perguruuan tinggi?
    maaf masih kurang paham

    ReplyDelete
  18. Tokcer ulasannya. Makasih sdh bisa baca.

    ReplyDelete
  19. Hmm...Kalo buat rakit mobil, masuk jurusan teknik mesin bisa gak?
    Kalau bisa...apa aja Universitas yang ada jurusan teknik mesin...di Bandung?
    Maaf klo merepotkan

    ReplyDelete
  20. Bang,salam kenal ya,saya Alki. Sekarang baru lulus sma bang,dan alhamdulillah keterima di Teknik Mesin juga. Nah yang mau saya tanya,di sma basic fisika saya kurang kuat,matematika juga ga terlalu jago bang. Kira-kira bisa gak ya survive di jurusan ini? Thanks sebelumnya bang

    ReplyDelete
  21. Bang,salam kenal ya,saya Alki. Sekarang baru lulus sma bang,dan alhamdulillah keterima di Teknik Mesin juga. Nah yang mau saya tanya,di sma basic fisika saya kurang kuat,matematika juga ga terlalu jago bang. Kira-kira bisa gak ya survive di jurusan ini? Thanks sebelumnya bang

    ReplyDelete
  22. Salam teknik mesin
    Saya imam dari medan
    Sedikit bercerita tentang pengalaman saya
    Dulu masa SMK saya adalah yang tidak suka matematika dan fisika
    Tapi setelah masuk teknik mesin mau gak mau harus bisa 2 pelajaran itu
    Nah skrg jadi suka banget ama matematika atau fisika :D
    Jangan pernah takut masuk teknik mesin,slama ada kemauan pasti ada jalan.
    Saran saya anak teknik mesin pelajarin tuh autocad.solidworks,ansys/catia
    Dan pahami juga elemen mesin,mekanika,thermo,material

    Terima kasih
    Maju terus blog ini
    Hidup teknik mesin!!!!!!

    ReplyDelete
  23. maaf, sblumx saya skarang udah smster 5, tapi sbnarx saya ngak suka sama teknik mesin habis trlalu rumit belajarx, ya mau gimana lagi uda smatr 5 jlani aja, ya tapi saya slalu mendptkan IP nya 3.00 ke atas...!!! hehehe...
    lebih enak blajar ilmu sosial daripada ilmu teknik, puyeng...
    "gimana si untuk bisa menyatu dalam ilmu teknik...!!! saya jarang sekali baca tentang ilmu keteknikan, saya senang dengan ilmu sosial, apa benar teknik itu menyenangkan ya...

    ReplyDelete
  24. Wah, bagus ulasannya.. Salam kenal mas, saya mahasiswi jurusan teknik mesin juga, tp di UGM. Saya baca tulisan mas sebelumnya, ternyata cerita kita hampir2 mirip hahaa. Bedanya dulu saya pengen banget keterima di jurusan teknik kelautan ITS karna saya suka dengan hal2 yang berhubungan dengan maritim, tapi sayangnya ga lolos. Dan pada akhirnya yang lolos hanya di UGM, teknik mesin. Awalnya banyak orang & teman sebaya yang meragukan apakah saya bisa karna saya perempuan terlebih milih jurusan teknik mesin. Melawan arus, katanya. Tapi Alhamdulillah saya bisa menepis anggapan mereka. Bener mas, Tuhan memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Sulit atau tidaknya itu tergantung niat kita. Toh perempuan juga bisa berkarir dengan dunia permesinan

    Salam teknik mesin..

    ReplyDelete
  25. Salam Kenal mas adrian, kalau di jurusan teknik mesin itu apakah mempelajari tentang Uji tarik, Uji tekan, atau pengujian bahan lainnya dengan Alat UTM (Universal Testing Machine) ? Apakah mesinnya sama juga dengan yg di website alatuji.com mas ?

    ReplyDelete
  26. Thanks gan, artikel ini membuat saya semakin yakin kalau saya tidak salah telah memilih teknik mesin..

    ReplyDelete
  27. Mas mau tanya apa hubungan teknik mesin dengan kimia teknik

    ReplyDelete
  28. Mau tanya, kalo waktu SMA jurusan IPS bisa masuk tehnik mesin atau masuk jurusan IPA lainnya nggak?

    ReplyDelete
  29. Thanks gan buat artikel nya jd tmbah smangat baru

    ReplyDelete
  30. mau nanya sob ... saya kan awalnya dari SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan, dan d tempat saya (Bandung) ada balai latihan kerja, kaya ngelanjutin pendidikan sekolah dari SMA/SMK, nah di sana ada jurusan OTOMOTIF ..
    Kira-kira kalo saya dari jurusan TEKNIK GAMBAR BANGUNAN pindah ke otomotif bakalan bisa kekejar atau ngga ya ? di jurusan otomotif?

    ReplyDelete
  31. sharing ny bagus tu bermanfaat,tp ad yg mau saya tny Mas jurusan saya SMA ips . Tp k seharian saya d bengkel apkh saya cocok bila mengambil Fakultas teknik mesin d universitas ?

    ReplyDelete
  32. Makasih infonya mau tanya dong min, akreditasi universitasnya tuh
    Pengaruh gak sih sama peluang kerja nyaa

    ReplyDelete
  33. Bagusbagus063
    Inspira.co.id
    Inspirasi #
    Follow ig
    Sibagus_geeh
    7c7966a0

    ReplyDelete
  34. Nice posting mas Adrian. Saya liat postingan mas Adrian dari beranda teman facebook saya. Kebetulan saya alumni Teknik Mesin dan saya seorang wanita hehe. Sedikit berbagi pengalaman aja, awalnya saya pikir teknik mesin itu keras (ya memang keras sih sebenernya hehe) dan saya takut karena teman2 saya pasti kebanyakan kaum adam. Tapi akhirnya saya merasakan kalau kuliah di teknik mesin itu menyenangkan dan saya bangga walaupun saya kaum minoritas disini. Dan alhamdulillah benar kata mas Adrian kalau lulusan teknik mesin itu paling dicari di segala industri. Bahkan untuk wanita sekalipun. Sekarang saya sudah bekerja di salah satu perusahaan manufaktur milik asing sebagai staff engineering. Semoga pengalaman saya dapat memberi inspirasi bagi kaum hawa yang ingin terjun ke dunia teknik mesin. Salam solidarity!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak minta no wa dong, bwt tanya"seputar kuliah d tekhnik mesin itu gmn, trimakasih...

      Delete
  35. Thanks, tulisannya sangat membantu,
    Saya mau brtnya kalo didalam dunia kerja tknik mesin keahlian apa yang paling menguntungkan??

    ReplyDelete
  36. tulisannya sangat membantu , syukron :) mau nanyak juga kak. waktu itu temn saya pernah cerita kalo ada keluarganya yang ngambil jurusan teknik mesin , dan dia kuliahnya lumayan lama, kalo ndk salah 6 thn, padahal katanya dia orangnya pintar. kalo kayak gitu gmana sih ka' , apa rata-rata semua yang ngambil jurusan teknik mesin itu kuliahnya lama karena mata kuliahnya yang sulit-sulit atau tergantung orangnya ? kira-kira kalo cewek yang ngambil jurusan ini, apa nantinya nggak kewalahan ?
    mhon infonya ya kak, soalnya di snmptn insyaallah mau ambil jurusan ini, minta do'anya juga mudahan bisa lolos, aamiin :)
    sekali lagi makasi banyak buat infonya,bermanfaat banget ;)
    oya salam kenal juga "nurhaini" :D

    ReplyDelete
  37. mu nanya kak.
    dlu waktu sma nya saya anak ips dan sekarang saat kuliah saya ambil teknik mesin alhamdulilah udah semester 4
    tpi sya merasa sangat sulit mengikuti pelajarannya
    apa yg hrus saya lakukan ya
    mahon saranya kak...

    ReplyDelete
  38. Makasih banyak Mas Adrian atas wawasan dan ilmu bermanfaatnya yang telah diberikan. Semoga sukses Mas .
    Mohon kontaknya Mas agar saya lebih mudah menambah wawasan, pengetahuan, dan langkah tentang bidang teknik mesin yang belum saya ketahui .

    ReplyDelete
  39. Apakah di jurusan ini sering menghitung* ?? Saya berpikir kalau jurusan teknik mesin itu susahh saat di kuliah ?? Mohon penjelasannya secara panjang agar saya bisa memastikan jurusan teknik

    ReplyDelete
  40. Mas numpang tanya, klo lulusan teknik mesin bisa jadi tni ad gak?

    ReplyDelete
  41. kak saya smk teknik pemesinan bisa tidak saya masuk teknik pemesinan?
    saya bingung memilih jurusan

    ReplyDelete
  42. Ane masuk SMK jurusan mesin
    Tapi ane ga ngerti apa-apa :v
    Ngikir aja gak becus

    ReplyDelete
  43. mau tanya dong kalo sma jurusan ips bisa kah masuk teknik mesin, karna saya punya basic piping engineering, tolong dijawab yah yg tau email aja jogalatto@gmail.com , makasih

    ReplyDelete
  44. Saya mau nanya kak..
    Kalau seseorang yg mengalami buta warna parsial.
    Cocok gak seseorang tersebut masuk ke kuliah jurusan teknik mesin..
    Dan apa kendalanya.
    Saya minta argumentnya ya kak..

    ReplyDelete
  45. Misi Min.. Sehubungan dengan barus masuk SMK jurusan Tehnik Mesin.. Mau tanya.. Sebenar.nya peluang kerja Tehnik Mesin itu luas gx sih?? Apa tehnik mesin lebih unggul daripada Tehnik lain??

    ReplyDelete
  46. apa sblum masuk smk teknik mesin harus punya dasar2nya?

    -seorang anak smp kls 3,lg labil masuk smk atau sma.

    ReplyDelete
  47. Lulusan apa atau sebagai apa nantinya, memang yang penting harus menguasai betul hingga menjadi ahlinya, saya sangat setuju sekali dengan artikelnya keren,

    Dealer Nissan Bandung
    Daihatsu Bandung
    Tunas Daihatsu A Yani Bandung
    Toyota Cianjur


    Dealer Nissan Bandung
    Daihatsu Bandung
    Tunas Daihatsu A Yani Bandung
    Toyota Cianjur

    ReplyDelete
  48. Lulusan apa atau sebagai apa nantinya, memang yang penting harus menguasai betul hingga menjadi ahlinya, saya sangat setuju sekali dengan artikelnya keren,

    Dealer Nissan Bandung
    Daihatsu Bandung
    Tunas Daihatsu A Yani Bandung
    Toyota Cianjur


    Dealer Nissan Bandung
    Daihatsu Bandung
    Tunas Daihatsu A Yani Bandung
    Toyota Cianjur

    ReplyDelete
  49. terimakasih atas artikelnya kak.
    oia kak, saya sekarang sedang kuliah di salah satu ptn di indonesia, teknik mesin semester 5, dan semester 6 nnti saya akan mengambil sub bidang atau bisa dibilang konsentrasi.jadi d kampus saya ada 3 sub bidang, yang pertama itu "konversi energi", yg kedua "maintenance", dan yg ketiga "proses produksi". dan sampe sekarang saya masih bingung mau milih yg mna, karna saya belum dapat pencerahan mengenai semua sub bidang itu. mohon pencerahannya kak mengenai ketiga sub bidang tersebut. terima kasih

    ReplyDelete
  50. saya mau tanya. saya kelas 12 & mau ambil teknik mesin. saya lihat di daftar prodi Universitas Negeri Malang ada 2 prodi ; S1 Teknik Mesin & S1 Pen Teknik Mesin. Itu bedanya dimana, ya?

    ReplyDelete
  51. BONUS DEPOSIT 100% DAN BONUS REFERRAL 50% HANYA DI POKER BETDANWIN
    DENGAN BERMAIN DI POKER BETDANWIN TUNGGU APA LAGI SEGERA DAFTAR ID POKER ANDA HANYA DI WWW.BETDANWIN.COM 100% PLAYER vs PLAYER TANPA BOT,
    WWW.BETDANWIN.COM ADALAH SITUS PERMAINAN POKER ONLINE INDONESIA YANG TERPECAYA
    KELEBIHAN BERMAIN DI POKER WWW.BETDANWIN.COM
    -KUNJUNGI DAN LIKE FANPAGE KAMI https://www.facebook.com/BetdanWin-1071580636209445/?ref=ts&fref=ts
    -DENGAN SERVER YANG BERKECEPATAN TINGGI MEMBUAT PERMAINAN POKER SEMAKIN NYAMAN
    -MINIMAL DEPOSIT HANYA Rp 10.000
    -MINIMAL WITHDRAW 20.000
    -POTONGAN MEJA HANYA 3%
    -MEMBER REFERRAL AKTIF DAPATKAN BONUS REFERRAL 50% SEUMUR HIDUP
    -DATA MEMBER AKAN TERJAGA DAN AMAN
    -DEPOSIT DAN WITHDRAW PALING LAMA HANYA 2 MENIT
    -DAPATKAN JACKPOT HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH
    -DiLAYANI OLEH CUSTOMER SERVICE YANG RAMAH SELAMA 24 JAM

    ReplyDelete
  52. jadi bingung mau pilih jurusan nih heheheh

    ReplyDelete
  53. Sebelumnya makasih ka infonya,mau tanya klo jurusan teknik mesin itu belajar dasar dasar seperti di SMA ngga?

    ReplyDelete
  54. terimakasih ya kak.info nya seputar teknik mesin.
    alhamdulillah sekarng ini saya sedNg menjalani jurusan teknik mesin (manufakturing).
    semoga apa yg telah kita impikan dapat tercapai dan bisa memberikan manfaat untuk orang banyak..


    oya kak.mau nanya kira2 kak adrian ada group kah selain blog ini.untuk info seputar teknik mesin.??

    ReplyDelete
  55. Susah dalam mencari Agency Poker yang terpercaya? Disini Anda Dapat Menemukan Agency Resmi terbaik dan terpercaya. Hanya di MGM Domino anda dapat merasakan ke nyamanan untuk bermain. dan Pelayanan 24 jam dengan Agen CS yang ramah, Sopan dan Humoris.#Mgmdomino
    Mari gabung dengan agen kami di MGMPOKER88 dan dapatkan promo menarik Lainnya. Promo berlaku untuk new member dan member lama. tunggu apa lagi, segera daftar dan bermain bersama jutaan player diseluruh Indonesia.
    Dan mainkan 7 permainan yang dapat anda nikmati Hanya dengan 1 ID.
    Permainan Berupa:
    - Poker
    - Bandar Poker
    - Adu-QQ
    - Bandar-Q
    - Domino-QQ
    - Capsa Susun
    - Sakong
    Promo yang sedang berlangsung sebagai berikut :
    ♥ Minimal DEPOSIT dan Withdraw Hanya RP. 20.000.-
    ♥ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ♥ Bonus Mingguan 0.3% - 0.5%
    ♥ Bonus Referral 15%
    Contact Us Person :
    ♠ LIVE CHAT : official website www,mgmpoker88,com (tanda koma diganti titik)
    ♠ Pin BBM : 28CAFAB2
    ♠ Phone : +85577597038
    ♠ Skype : MGM POKER
    ♠ LINE : MGM POKER
    TERIMA KASIH
    Salam Hokky kami Admin MGMPOKER88

    ReplyDelete
  56. Thank admin sangat membantu infonya.
    Sbelumnya saya mau tanya nih mas, saya masih Smk teknik pemeliharaan mekanik industri. Dan saya berencana melanjutkan ke teknik industri, menurut mas pemahaman tentang t. Industri dan mesin dimana sebagai patokan saya kurang memahami kduanya. Mohon pencerahannya mas. Trimakasih

    ReplyDelete
  57. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    ReplyDelete
  58. Ka, banyak yang bilang jurusan teknik itu susahh.... Sya tamatan smk otomotif tapi sya ingit masuk fakultas teknik...

    . Apakah sya akan mudah menempuhnya karna sya sudah ada dasar di smk?????
    Tikong di balas.. Kakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika basicnbasicnya sudah smk sepertinya tidak ada kesulitan pada waktu praktikum di teknik mesin.
      hanya saja di teknik mesin matematika harus jago loh.karena ntar ada mata kuliah yang berhubungan sama matematika
      seperti
      kalkulus
      matematika teknik
      dan mata kuliah yang berhubungan dengan hukum fisika,baik itu bidang material (manufaktur) atau pun konversi energi (yang paling banyak gunain hukum fisika dan rumusnya ya di konversi energi)

      Delete
  59. Kalau yg eks smk nya jurusan geologi pertambangan. Belum ada dasar nya, masuk T.mesin gimana ka?
    Jadi gasabar pngen cpet2 masuk jurusan ini
    Terimaksih sblumnya ka

    ReplyDelete
  60. www.pengetahuanumum-pengetahuan.blogspot.com

    gabung yuk , banyak materi tentang edukasi disana dan masih banyak lagi tentang info lainnya :)

    ReplyDelete
  61. Mampir gan https://rianwahid.blogspot.co.id/2017/08/teknik-mesin.html?m=1

    ReplyDelete
  62. Kak kalau mau masuk teknik mesin wajib bisa gambar gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok,,yang penting bisa membaca gambar aja itu udah cukup

      Delete
  63. Kalo buat teknik mesin d3 kan ada penjurusannya
    Nah buat perusahaan yg diminati banyak dari konsentrasi 1. Produksi atau 2. Perawaran bang?
    Boleh dijelaskan untuk konsentrasi tsb makasih bang:))

    ReplyDelete
  64. Kalo smknya ambil jurusan teknik komputer jaringan bisa masuk univ/poltek jurusan mesin apa enggak kak?

    ReplyDelete
  65. ternyata menarik juga ya dunia teknik mesin...

    misi.. mau numpang iklan..

    www.winapack.com

    ReplyDelete
  66. Gimana yaa ka kalo gx jagonya MTK dan fisika :( kelemahan saya yaitu ka ??
    Sedangkan tehnik pemesinan harus bisa fisika dan mtk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidayah ayungJanuary 18, 2018 at 9:08 AM
      Gimana yaa ka kalo gx jagonya MTK dan fisika :( kelemahan saya yaitu ka ??
      Sedangkan tehnik pemesinan harus bisa fisika dan mtk

      Delete
  67. mantap,, jadi makin mantap ke diri sendiri
    salam dari Yogyakarta

    Monggo mampir gan disini

    ReplyDelete
  68. Kak kalo kita masuk teknik mesin apakah kita bisa bongkar pasang mesin seperti motor dll

    ReplyDelete
  69. Kak kalo kita masuk teknik mesin apakah kita bisa bongkar pasang mesin seperti motor dll

    ReplyDelete
  70. Mata pelajaran kuliah jurusan teknik mesin itu apa aja ka??

    ReplyDelete
  71. Kalo misalnya pngn lanjutin tek mesin, tapi basic fisika sama matematika saya gk begitu baik, kira2 bakalan kesulitan gk ya belajarnya?

    ReplyDelete
  72. Mau nanya apakah jurusan buta warna parsial jurusan teknik mesin bisa bekerja di perusahaan perusahaan besar?

    ReplyDelete
  73. Terimakasih info nya ya ka, dan doa kan semoga saya masuk ke smk jurusan mesin dan lulus test

    ReplyDelete