Saturday, March 28, 2009

TPB...oh...TPB

Assalamu’alaikum

Sedikit gue mau crita tentang tahun pertama gue kuliah di itb ini.
Itb ini punya keunikan, untuk anak-anak taun pertama, mereka punya program yang namanya TPB (Tahap Persiapan Bersama). Program ini disetting benar2 seperti kelas 4 SMA, karena kita benar2 mengulangi pelajaran yang pernah kita dapat di SMA (hanya mungkin menjadi sdikit lebih dalam). Kita belum belajar apa yang menjadi prodi kita, tapi bener2 masih umum. Jadi semua yang anak TPB, baik itu elektro, mesin, arsitektur, dll, juga mempelajari mata kuliah yang sama. Sistem ujiannya pun jg unik, biasanya, di PT lain, ujian itu modelnya ujian blok. Tapi, di ITB ini enggak, ujiannya itu diadakan setiap hari jum’at. Jadi bener2, gak ada pekan-pekan yang dikhususkan secara utuh untuk ujian.


huff......

awalnya sempet seneng, ketika tau kalo uts2 di itb itu diadakan tiap hari jumat. dan gue juga sempet berpikir," wah, enak dong, belajarnya bisa maksimal...". Tapi ternyata, apa yang gue bayangkan ternyata gak seperti pada kenyataannya...!!! Semuanya musnah!!!

justru dengan adanya uts yang diadakan tiap jum'at, akan membuat beban pikiran setiap harinya. apalagi kalo udah masuk hari senin, pasti selalu kepikiran uts pada hari jum'atya.....bayangin aja, beban ini harus gue tempuh selama +- 10 minggu (ujian dalam 1 smester).
ditambah jadwal kuliah TPB (program taun pertama itb), yang selalu dimulai dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore. sampe kosan, badan udah pegel2, belum tentu juga bisa belajar.
hal itu belum ditambah tugas maupun kuis yang akan diadakan oleh dosen.
bahkan salah satu mata kuliah gue, ngadain utsnya jam 7malam coba!!! (kalo ada PT lain yang ngadain Ujian malam, tolong gue dikasih tau)

Belum lagi, gue harus bener2 bisa njaga ruhiyah gue biar ttep bisa istiqomah di perantauan ini.Gue tetep harus meluangkan waktu buat ta’lim, liqo, dll.
huff...ternyata hidup ini penuh ujian....

"Ya Allah, ijinkan saya untuk bisa melewati ujian ini nilai kebaikan di sisiMU."

Maka dari itu, di taun pertama gue di itb ini, gue gak bakal macem2 lah. Cuma pengen bisa lulus TPB dengan nilai baik, sebagai rasa tanggung jawab gue ke ortu n bisa istiqomah berada di jalanNYA yang lurus.

yang ngrasain kyk gini cuma gue, apa temen2 ITB lainnya juga???

gara2 taun pertama di itb ini pun, gue jadi inget kata2 dari ketua GVT (ospek di SMA gue dulu), "percayalah dek, kalian akan merasakan manfaat dari GVT ini!! entah itu hari ini, besok, atau beberapa taun lagi!". dan seakrang, gue bener2 semakin bisa ngrasa manfaat dari didikan yang gue dapet waktu ospek di SMA dulu. dan ospek di SMA gue itu bukan kyak ospek atau gojlogan pada umumnya. tapi bener2 sebuah pendidikan dari seorang kakak kelas ke adik kelas yang berlandaskan rasa kasih sayang.

Thank’s TELADAN!!!! I Will Always Love U

Wassalamu’alaikum

No comments:

Post a Comment