Sunday, January 1, 2012

2012 ? Am I going to be Mechanical Engineer this year ?

Am I going to be Mechanical Engineer this year?

1 buah pertanyaan Y/N question yang sangat menyulitkan bagi mahasiswa2 tingkat akhir macam saya sekarang ini. 

Mengingat kenyataan baru-baru ini bahwa saya akan sulit untuk mengikuti ujian susulan mata kuliah Mesin Konversi Energi II di akhir Januari. Secara, tanggal 5 Januari ini saya sudah harus terbang ke Muara Badak, Kalimantan Timur untuk segera ber-KP ria disana. Dan kalau misalnya saya gak ikut ni ujian, bisa jadi saya harus ngambil di semester ganjil taun depan. Apakah ini pertanda saya harus lulus di April 2013? Apa kata dunia???

Belum lagi tanggung jawab sebagai Ketua Divisi Chassis Tim Cikal ITB di ajang Shell Eco Marathon Asia 2012 Juli nanti. Deadline agar chassis segera dibuat sudah ditentukan oleh ketua, sehingga segalanya sudah harus disiapkan dengan baik dan detail. Baik itu gambar tekniknya, optimasi dari konfigurasi sebelumnya, maupun pemilihan materialnya, semua harus dipersiapkan dengan sempurna dan detail. Namun panggilan KP ke Kutai itu merubah segala rencana.

Belum lagi jika kita berbicara tentang TA. hahaha. wah sensitif sekali bahasan ini. sebenarnya, untuk TA saya juga sudah dapat pembimbing sejak bulan oktober. Namun masalahnya, Beliau super sibuukk. tiap pekan saya datang ke ruangannya, beliau selalu bilang, " minggu depan saja mas, saya lagi banyak kerjaan sekarang." Perkataan Beliau terus berulang hingga akhir semester ganjil kemaren. Lalu apa yang harus saya lakukan? menunggu dan terus menunggu. Sebenarnya, saya punya 1 dosen lagi yang mungkin bisa dibilang sebagai salah satu dosen favorit saya. Tapi yang menjadi halangan adalah, anak bimbingan beliau masih banyak sekali. saya harus menunggu hingga maret 2012 untuk bisa menjadi anak bimbingan beliau. Kalau gitu, kapan gue lulusnya?

So, apa yang harus saya lakukan sekarang?

Oke, dalam waktu dekat ini saya harus fokus ke KP saya. Karena itu yang paling jelas dan paling dekat dari semua kesempatan dan masalah yang ada. Selain itu, jarang-jarang masih berstatus mahasiswa bisa dapet kesempatan naik platform di tengah laut, naik speed boat dan helikopter lagi. hehe. Walaupun saya belum bisa membayangkan bagaimana rasanya hidup di tengah laut. Apalagi dengan cuaca yang memang sedang tidak bersahabat seperti bulan-bulan ini. Untuk masalah ujian, saya cuma bisa berharap. misalnya pun sudah tidak bisa dikejar, mudah2an di semester pendek nanti, mata kuliah MKE dibuka. aamiiin.

Kemudian baru perlahan mulai menyelesaikan masalah dosen pembimbing TA. Mungkin saya bisa membatasi hingga pertengahan februari. jika Bapak yang seharusnya membimbing saya tidak bisa, maka saya harus segera menuju dosen yang tadinya saya incar.

Selanjutnya kembali ke fokus ke tim cikal untuk bisa kembali juara dan merebut trofi di Sepang, Malaysia, Juli nanti. Mudah2an juga bisa disambi nyelesein TA. misalnya gak bisa, ya harapannya setelah kompetisi selesai, bisa fokus untuk segera mengeluarkan diri dari ITB dengan terhormat.

Hingga saat ini, saya masih mentarget untuk lulus di Oktober 2012. aamiin

No comments:

Post a Comment