Saturday, February 11, 2012

Kenapa fans MU terbanyak di Indonesia dan dunia?

Dari saya kecil dulu hingga sekarang, disetiap tempat saya mengorbit, saya selalu menyempatkan untuk berdiskusi tentang sepakbola. Diskusi itu dilakukan baik itu di wilayah pendidikan formal, di lingkungan saya tinggal, keluarga, hingga tempat-tempat yang saya kunjungi hanya untuk keperluan tertentu (kalau gak ada kebutuhan, saya gak akan kesana). Uniknya, setiap orang yang saya ajak diskusi di tempat-tempat itu, selalu ada pemuja setan merah. Dan memang, beberapa media yang saya baca menyebutkan bahwa red army menjadi basis fans klub sepakbola terbesar di Indonesia.


Berikut saya mencoba menganalisis penyebab banyaknya fans MU  bisa terjadi hingga sekarang :
1. Tayangan sepakbola eropa mulai masuk tahun 1990-an
2. Prestasi pada kurun waktu itu
3. Tokoh

Kebanyakan umur para penggila bola di Indonesia saat ini berkisar antara 12-45 an tahun. Dengan kisaran umur itu, maka secara rata-rata era 90-an merupakan masa awal penanaman benih-benih kefanatikan terhadap klub-klub sepakbola itu. Ditambah perkembangan teknologi yang membuat siaran sepakbola di eropa bisa dinikmati di nusantara kita tercinta ini. Liga Italia merupakan Liga yang pertama kali disiarkan di Indonesia, kalau tidak salah sejak tahun 89 di salah satu stasiun TV swasta. Diikuti Liga Champion Eropa mulai disiarkan di Indonesia pada musim 92/93 di stasiun TV swasta yang sama pula. Kemudian diikuti beberapa liga domestik eropa lain seperti inggris dan spanyol. Mulai dari sinilah para penggila bola di Indonesia mengetahui secara detail perkembangan klub-klub di Eropa.

Kita semua tahu bahwa Manchester United merupakan tim sepakbola yang menjadi penguasa tanah kerajaan Ratu Elizabeth dengan mengoleksi 19 gelar liga domestik. 12 dari 19 gelar diperolehnya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Prestasi ini tidak lepas dari sentuhan tangan dingin seorang pelatih besar yang bernama Alex Ferguson.

Sesaat sebelum liga inggris tayang di layar kaca Indonesia (tahun 92), sejarah menunjukkan bahwa Liverpool dan Arsenal lah yang memiliki sejarah yang lebih baik ketimbang MU dengan mengoleksi 18 gelar dan 10 gelar sedangkan MU baru mengoleksi 7 gelar. Jika kita berpatok pada prestasi, seharusnya Liverpudlian dan Gooners lah yang memiliki fans lebih besar (saat itu). Namun karena di Indonesia tidak ada informasi yang memadai saat itu, wajar jika kebanyakan para penggila bola saat itu tidak mengetahuinya.

Ketika para penggila bola di Indonesia mulai menerima banyak informasi tentang sepakbola eropa melalui siaran TV, informasi-informasi tentang MU inilah yang banyak mengalir pada waktu itu. Baik itu dari prestasi hingga komposisi pemain nya, hingga sekarang. Dari gelaran Liga Inggris 20 tahun terakhir, MU berhasil mengoleksi 12 gelar, Arsenal 3 gelar, Chelsea 3 gelar dan Blackburn Rovers 1 gelar. Di Eropa sendiri, MU berhasil menjadi raja sebanyak dua kali.

Jika kita bicara prestasi pada kurun waktu itu (20 tahun terakhir), seharusnya fans terbesar di Indonesia itu berada pada 4 klub hebat Eropa :
1. Madridista untuk fans dari Los Merengues (3 kali juara Liga Champion & 6 kali juara La Liga) ,
2. Milanisti untuk fans dari Rossoneri (3 kali juara Liga Champion & 7 kali Scudetto Serie A),
3. Juventini untuk fans dari La Vecchia Signora (1 kali juara Liga champion & 5 Scudetto Serie A termasuk pengurangan akibat calciopoli), dan
4. Red Army/Mancunian/Mancs sendiri untuk fans dari The Red Devils (2 kali juara Liga Champion & 12 kali juara Liga Inggris).

Tapi kenapa harus MU yang punya basis fans terbesar diantara yang lain?

Ketokohan menjadi jawabannya.

Aspek ketokohan inilah yang menyedot banyak perhatian para penggila bola di Indonesia. Menurut saya, selama kejayaannya dalam 20 tahun terakhir ini, MU memiliki 2 pemain yang benar-benar menjadi sorotan di seluruh jagad sepakbola ini, termasuk Indonesia. Saya sangat yakin anda semua sudah bisa menebak apa yang ada di pikiran saya. Yak, tepat sekali! 2 pemain itu adalah David Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Loh, tapi bukannya real madrid juga punya Raul Gonzalez, juventus punya Alessandro Del Piero dan milan punya Paolo Maldini?

Tidak, saya rasa ketiga ikon tersebut belum bisa mengalahkan kedua bintang MU tersebut dalam segi kebintangannya, terutama David Beckham. Walaupun Beckham hanya mampu menjadi runner-up Pemain terbaik dunia sebanyak 2 kali, kharisma dan kebintangannya baik di dalam maupun diluar rumput hijau selalu menjadi sorotan miliaran mata di dunia. Mode yang berkembang pada era 90-an itu juga berkiblat pada gaya nya. Yang paling khas adalah model rambut belah tengah yang menjadi khas nya yang diikuti oleh para remaja puber waktu itu. Begitupun dengan para penggila bola wanita, Beckham menjadi alasan utama kenapa mereka menyukai olahraga ini.

Kejadian serupa juga menimpa suksesornya, yaitu Cristiano Ronaldo. Walaupun menurut pandangan saya, Beckham masih memberikan impak yang lebih besar ketimbang Ronaldo. Belum lagi jika berbicara dengan pemain MU yang berkharismatik ataupun kontroversial lainnya seperti Peter Schmeichel, Eric Cantona, Teddy Sheringham, Ryan Giggs, dll. Ditambah seorang pelatih bertangan dingin yang melegenda yang sangat loyal kepada klubnya.

Dengan alasan-alasan diatas, wajar rasanya jika MU memiliki fans terbesar di Nusantara bahkan di dunia saat ini. Di Indonesia, mereka terkumpul dalam komunitas yang disebut UNITED INDONESIA.


Bagaimana pendapat Anda wahai para ‘pemuja setan’ ? JJJ


Sedangkan saya sendiri menjadi penggila bola sejak digelarnya piala dunia 1998. Ronaldo Luiz Nazario da Lima lah yang membuat saya kagum dengan permainannya. Hingga sekarang, saya selalu tertarik jika melihat tim samba bermain. Namun setelah gelaran piala dunia 1998, pemain berkepala botak tersebut mengalami cedera panjang sehingga saya jarang melihatnya kembali. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih Lazio di Liga Italia dan Chelsea di Liga Inggris sebagai tim favorit saya. Selain saya menyukai warna biru, Juan Sebastian Veron dan Gianfranco Zola menjadi pemain favorit saya waktu itu


14 comments:

  1. kalau saya yg pertama kali buat saya kagum adalah kiprah bang Alex di Juve dan Kang Beckham..

    waktu itu saya baru kelas 3 SD dan dicekoki oleh teman sebangku saya pada tahun 1997 tentang dua orang itu

    jadi analisis rian ada benarnya juga saya jadi seorang juventino dan fans MU (masa pemuja setan??)

    akankah, kembali muncul fans2 karbitan baru setelah suksesnya Man City menjadi juara liga Inggris? Seperti layaknya fans chelsea yang tiba2 jadi banyak setelah chelsea dibeli taipan asal Rusia?

    Mereka (fans) menginginkan kejayaan, makanya tidak heran kalau setiap ada klub yg juara pasti ada yg pundah ke lain hati..

    tapi bagi saya, kendati Juve atau MU harus turun ke kasta kompetisi lebih renda.. saya tetap mendukung mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya suka chelsea sejak mereka ngalahin MU 4-0 di semifinal FA cup. kwkwkwk

      Delete
    2. taun berapa tuh, sotoy amat

      Delete
    3. makasih sudah berkunjung mas omen.

      maaf agak terdistorsi. ternyata bukan FA Cup, itu di Liga Inggris, dan skor nya 5-0 untuk Chelsea.

      http://www.youtube.com/watch?v=qK_ysW2uPUY

      Delete
  2. bahkan fans EPL, termasuk fans MU yg tinggal di Manchester pun gak menghargai fans dr luar dan mencap fans2 luar inggris sbgai 'glory hunters' pun org indo tetap mau jd fans MU? LOL.

    Serie A per sempre.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di liat konteks tulisannya dulu mas bro.

      saya juga bukan manchunian, cuma berusaha menganalisis kenapa kok fans MU itu terbanyak di dunia. fans MU terbanyak di dunia itu fakta lo.

      sederhana saja, pemberitaan Beckham yang sekarang sudah gak main bola aja masih santer dimana2, dibandingkan Del Piero yang masih main di Australia skrng.

      Delete
  3. "Tidak, saya rasa ketiga ikon tersebut belum bisa mengalahkan kedua bintang MU tersebut dalam segi kebintangannya, terutama David Beckham."

    yup, kalau menurut org2 yg gak paham bola / glory hunters, Del Piero n Maldini emang ga ada apa2nya ma Becks/Ronaldo.

    BTW. Del piero pernah ngangkat trofi Piala Dunia. Beckham/Ronaldo pernah?

    artikel khas fans EPL... Glory hunters.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di liat konteks tulisannya dulu mas bro.
      jangan hanya melihat dari kacamata orang2 yang 'ngerti' gimana cara main bola mas bro.
      tulisan ini lebih melihat ke sisi manusia secara umum, bukan penggila bola seperti kita.
      coba deh tanya ke cewek/adek perempuan/ibu/bapak anda yg jarang2 nonton bola, lebih tau mana antara David Beckham sama Alessandro Del Piero?

      saya juga bukan manchunian, cuma berusaha menganalisis kenapa kok fans MU itu terbanyak di dunia. fans MU terbanyak di dunia itu fakta lo.

      sederhana saja, pemberitaan Beckham yang sekarang sudah gak main bola aja masih santer dimana2, dibandingkan Del Piero yang masih main di Australia skrng.

      sekali lagi, liat konteksnya.

      Delete
  4. siapa bilang serie a lebih bagus ketimbang epl
    seharusnya serie a SADAR..... skandal calciopoli bikin muka serie a hancur gak pantas di perhitungkan

    lebih baik fans epl memang tidak sopan tapi tau rasis dan tidak bermain KOTOR......seperti calciopoli

    ReplyDelete
  5. fans Inter 'INTERISTI INDONESIA' ga kalah banyak gan
    n Keren pastinya
    websitenya dimana2.. cmiww
    http://interisti.club/

    ReplyDelete

  6. HARI GINI SUSAH CARI GAME ONLINE / WEB TERPERCAYA? ANDA BISA KUNJUNGI WEB KAMI DI http://bit.ly/1QULFBI
    DI JAMIN AMAN DAN TERPERCAYA DEHH. ANDA JANGAN KHAWATIR BERMAIN DI SITUS GAME MONOPOLY ONLINE KAMI
    PROSES DEPOSIT & WITHDRAW HANYA 2MENIT. DAN ANDA SUDAH BISA MENCARI GAME KAMI DI PLAY STORE.
    DENGAN MENGGUNAKAN KEYWORD MONOPOLY INDONESIA NANTI SUDAH MUNCUL GAME KAMI DENGAN JUDUL "INDOMONOPOLY"
    ANDA SUDAH BISA LANGSUNG INSTAL GAME KAMI GANN. BURUAN KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI
    UNTUK KETERAGAN LEBIH LANJUT BISA HUBUGI TIM LIVECHAT KAMI YANG SANGAT RAMAH MELAYANIN ANDA.
    1.BBM Pin : 5649B320

    2.contact us : LINE : hermilyrostan

    3.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    4.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    5.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    6.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    7.tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    ReplyDelete
  7. HARI GINI SUSAH CARI GAME ONLINE / WEB TERPERCAYA? ANDA BISA KUNJUNGI WEB KAMI DI http://bit.ly/1QULFBI
    DI JAMIN AMAN DAN TERPERCAYA DEHH. ANDA JANGAN KHAWATIR BERMAIN DI SITUS GAME MONOPOLY ONLINE KAMI
    PROSES DEPOSIT & WITHDRAW HANYA 2MENIT. DAN ANDA SUDAH BISA MENCARI GAME KAMI DI PLAY STORE.
    DENGAN MENGGUNAKAN KEYWORD MONOPOLY INDONESIA NANTI SUDAH MUNCUL GAME KAMI DENGAN JUDUL "INDOMONOPOLY"
    ANDA SUDAH BISA LANGSUNG INSTAL GAME KAMI GANN. BURUAN KUNJUNGI WEB KAMI : http://bit.ly/1QULFBI
    UNTUK KETERAGAN LEBIH LANJUT BISA HUBUGI TIM LIVECHAT KAMI YANG SANGAT RAMAH MELAYANIN ANDA.
    1.BBM Pin : 5649B320

    2.contact us : LINE : hermilyrostan

    3.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    4.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    5.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    6.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    7.tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    ReplyDelete
  8. SUDAHKAH ANDA MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    JIKA MASIH SAJA BELUM MENDAPATKAN GAME INDONESIA TERBARU, TERBAIK, TERPOPULER & MENARIK??

    BURUAN YUK GABUNG SEKARANG JUGA BERSAMA KAMI DI INDOMONOPOLY.COM

    -DEPOSIT 20.000

    -WITHDRAW 50.000

    -REFERRAL 50% + ACCESSORIES 7HARI (syarat ketentuan berlaku)

    - CASHBACK 10% (setiap minggunya)

    UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI TEAM LIVECHAT KAMI YANG RAMAH UNTUK MELAYANI ANDA

    website http://goo.gl/mD5N9c

    fans page facebook https://goo.gl/tbPV30

    BBM Pin : 5649B320

    Line : hermilyrostan

    ReplyDelete
  9. BONUS DEPOSIT 100% DAN BONUS REFERRAL 50% HANYA DI POKER BETDANWIN
    DENGAN BERMAIN DI POKER BETDANWIN TUNGGU APA LAGI SEGERA DAFTAR ID POKER ANDA HANYA DI WWW.BETDANWIN.COM 100% PLAYER vs PLAYER TANPA BOT,
    WWW.BETDANWIN.COM ADALAH SITUS PERMAINAN POKER ONLINE INDONESIA YANG TERPECAYA
    KELEBIHAN BERMAIN DI POKER WWW.BETDANWIN.COM
    -KUNJUNGI DAN LIKE FANPAGE KAMI https://www.facebook.com/BetdanWin-1071580636209445/?ref=ts&fref=ts
    -DENGAN SERVER YANG BERKECEPATAN TINGGI MEMBUAT PERMAINAN POKER SEMAKIN NYAMAN
    -MINIMAL DEPOSIT HANYA Rp 10.000
    -MINIMAL WITHDRAW 20.000
    -POTONGAN MEJA HANYA 3%
    -MEMBER REFERRAL AKTIF DAPATKAN BONUS REFERRAL 50% SEUMUR HIDUP
    -DATA MEMBER AKAN TERJAGA DAN AMAN
    -DEPOSIT DAN WITHDRAW PALING LAMA HANYA 2 MENIT
    -DAPATKAN JACKPOT HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH
    -DiLAYANI OLEH CUSTOMER SERVICE YANG RAMAH SELAMA 24 JAM

    ReplyDelete