Pages

Sunday, March 18, 2012

Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Otto (bensin)

sumber : http://www.rkm.com.au/ANIMATIONS/animation-graphics/Diesel-model.jpg
Tulisan ini mencoba membahas perbedaan mendasar yang dimiliki antara mesin diesel dan mesin otto (bensin). Terlihat kuno memang, tapi mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan gambaran tentang perkembangan mesin-mesin diesel saat ini.

Karena pada tulisan sebelumnya yang berjudul premium dan pertamax berbicara tentang cara kerja mesin otto (bensin), maka untuk rubrik ini hanya akan dijelaskan prinsip kerja mesin diesel. Namun efek dari perbedaan prinsip keduanya akan dipaparkan disini.


Mesin diesel bekerja dengan cara menekan udara yang berada dalam ruang bakar setinggi mungkin. Selain tekanan tinggi, proses ini juga akan menaikkan temperatur dari udara ini. Karena, pada fasa gas, jika tekanan dinaikkan, maka juga akan diikuti dengan kenaikan temperatur. Kemudian bahan bakar baru dimasukkan ke dalam udara bertekanan dan bertemperatur tinggi tersebut dalam bentuk kabut (mist). Alhasil ledakan dengan daya besar sehingga akan mendorong piston untuk menggerakkan cam shaft. Jadi, pada mesin diesel ini tidak ada yang namanya karburator maupun busi seperti di mesin otto (bensin). Karena kita sama-sama tahu bahwa karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara dan busi untuk menimbulkan percikan api. Sementara Nah disinilah inti perbedaan mesin otto (bensin) dan mesin diesel ini.

Untuk langkah-langkah yang ada (langkah isap, langkah buang, langkah kompresi dan langkah kerja), mesin otto (bensin) dan diesel memiliki langkah yang sama pula.

Lalu apa pengaruh dari perbedaan cara kerja terhadap hasil yang didapat? Mari kita sedikit berlogika dengan perbedaan proses diantara keduanya.

1.       Daya
Dalam satu siklus, mesin diesel akan menghasilkan daya yang lebih besar dibandingkan dengan mesin otto (bensin). Hal ini dapat dijelaskan melalui ilustrasi diagram tekanan-volume mesin diesel dan mesin otto sebagai berikut :
daerah kuning : kerja mesin otto
daerah biru : kerja mesin diesel

Luas dari grafik merupakan kerja netto yang dihasilkan system, maka dari grafik dapat dilihat bahwa secara teoretik daya yang dihasilkan dalam satu siklus mesin diesel lebih besar dibandingkan mesin otto.


2.       Efisiensi
Konsep yang digunakan adalah pembakaran miskin bahan bakar, yang artinya jumlah massa udara jauh lebih besar dibandingkan jumlah massa dari solar saat ketika proses pembakaran terjadi. Solar diijeksikan ke dalam ruang bakar yang sudah bertekanan tinggi. Perbandingan massa antara solar dengan bensin pun sampai 1:60. Dengan pembakaran yang miskin tersebut maka kemungkinan terbakarnya solar secara sempurna dalam ruang bakar akan semakin besar.

Ditambah lagi, torsi maksimum mesin diesel didapat di putaran rendah sedangkan mesin bensin di putaran tinggi. Semakin rendah putaran mesin akan menyebabkan semain sedikit konsumsi bahan bakar.


3.       Aselerasi dan Putaran Tinggi
Cara kita menaikkan putaran dan aselerasi pada mesin dengan cara menginjak lebih pedal gas. Itu artinya kita akan memasukkan solar lebih banyak pada mesin diesel dan campuran bensi dan udara lebih banyak pada mesin bensin.

Karena pertemuan solar dengan udara pada mesin diesel hanya terjadi pada waktu yang singkat, semakin banyak bahan bakar yang masuk akan menyebabkan semakin banyaknya solar yang tidak terbakar . itulah yang menyebabkan efisiensi nya turun. Hal ini berbeda dengan mesin otto (bensin) yang sudah mempertemukan bensin dan udara di dalam karburator.

Sehingga kesimpulannya, mesin otto (bensin) lebih baik dalam hal aselerasi dan putaran tinggi. Dewasa ini, problem mesin diesel di sisi ini mulai dikompensasi dengan adanya Turbocharger. Adanya turbocharger membuat mesin diesel dapat beroperasi lebih baik di putaran mesin yang lebih tinggi.


4.       Getaran dan Kebisingan
Karena perbandingan kompresi pada mesin diesel sangat tinggi, selain menyebabkan daya yang lebih besar, getaran dan kebisingan hasil pembakaran juga lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin.


5.       Polusi
Di mesin diesel, emisi pembakarannya berupa HC, NOx, SOx, CO2, partikulat dan jelaga. Di mesin otto (bensin), emisi pembakarannya berkisar antara NOx, CO2, CO dan HC. Karena memiliki nilai efisiensi lebih tinggi, pada mesin diesel terdapat NOx lebih banyak dibandingkan dengan mesin otto (bensin), namun CO2 dan HC nya akan lebih sedikit. Dari segi ini, mesin otto (bensin) memberikan hasil emisi yang lebih baik ketimbang mesin diesel.

Pembahasan mengenai emisi dari internal combustion engine dibahas pada tulisan lain.

7 comments:

  1. berarti motor pun bisa menggunakan bahan bakar solar ( seandainya )...sebab cara kerjanya hampir sama persis...perbedaan hanya pada carburator dan injecktor....tetapi perlu banyak perubahan dalam system suply bahan bakar...mohon koreksi bila salah..terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor bensin ya?

      hmm. masalahnya itu, kita harus tau tentang karakteristik dari bahan solar terlebih dahulu. ada kaitannya dengan Temperatur Flash Point dan Auto-Ignition.

      dalam waktu dekat akan saya posting tulisan tentang kedua hal tersebut

      Delete
  2. mesin bensin (bensin) yang pake sistem injeksi gmn? kalo gak salah udah gak pake karburator dan bensinya disemprot ke ruang bakar (CMIIW), jadi mirip mesin disel. cara seperti itu apa emang lebih bagus untuk bahan bakar bensin? ato caranya memang berbeda dengan mesin disel walau sama-sama injeksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. tapi perbedaan yang utama adalah pencampuran antara bahan bakar dan udara dan proses penyalaan mesinnya.

      Motor Diesel:
      udara dan bahan bakar baru bertemu di ruang bakar, setelah bahan bakar disemprot ke dalam ruang bakar sehingga waktu pertemuan antara keduanya sangat cepat. Dan pada proses penyalaannya, mesin diesel tidak menggunakan busi, ledakan terjadi karena bahan bakar dan udara ditekan pada tekanan yang tinggi.


      Motor Bensin:
      Udara dan bahan bakar sudah dicampur di karburator atau di injektor (untuk motor bensin sistem injeksi). jadi, ketika disemprot ke dalam ruang bakar, bahan bakar dan udara sudah bercampur dengan baik. Dan proses penyalaan motor bensin itu dikarenakan adanya percikan api yang timbul dari busi. Tanpa busi, ledakan tidak akan terjadi pada motor bensin.

      Delete
  3. maaf min, klo formulasi perbandingan efisiensi siklus otto dengan siklus diesel gimana ya ?
    supaya dapat menggambarkan dengan jelas lebih besar yang mana efisiensinya

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Rental Genset Syncronize untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    ReplyDelete
  5. bosan kalah terus?

    silahkan coba daftar di Zeusbola!
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa menjadi jutawan lohh bosquu


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbolaterpercaya#SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonusfreechip #bonusfreebet

    ReplyDelete